Jangan mudah putus asa,terus berdoa dan selalu SEMANGAT

Kamis, 23 September 2010

Manajemen

Pengertian Manajemen
Manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan segala sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusian (Luther Gulick)
Manajemen adalah proses perencanaan pengorganisasian,kepemimpinan, dan pengarahan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan (A.F. Stoner)
Fungsi manajemen
1.menurut George Teri
a.Planning (perencanaan)
b.Organizing (pengorganisasian)
c.Actuating (pengarahan)
d. controlling (pengawasan)
2. Menurut Koontz dan O’Dannel
a.Planning (perencanaan)
b.Organizing (pengorganisasian)
c.Staffing (pengangkatan staf)
d.Directing (pemberian tugas,pendelegasian)
e. controlling (pengawasan)
3.Menurut Henry Fayol
a.Planning (perencanaan)
b.Organizing (pengorganisasian)
c.Motivating (pemotivasian)
d.Conditioning (Pengarahan,pengkodisian)
e. controlling (pengawasan)

Sistem Informasi Manajemen
 (Management Information System atau sering dikenal dengan singkatan MIS) merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi - informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. SIstem Informasi Manajemen (SIM) didefenisikan oleh George M. Scott sebagai berikut:
Suatu Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah kumpulan dari interaksi - interaksi sistem - sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi
Menurut Barry E. Cushing suatu Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari manusia dan sumber - sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

 Beberapa fungsi manajemen
1. Perencanaan : fungsi manajemen yang berkaitan dengan penyusunan tujuan dan penjabarannya dalam bentuk perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut
2. Pengorganisasian : fungsi manajemen yang berkaitan dengan pengelompokan personal dan tugasnya untuk menjalankan pekerjaan sesuai tugas dan fungsinya.
3. Pengaturan personil ; fungsi manajemen yang berkaitan dengan kegiatan bimbingan dan pengaturan kerja personil unit masing - masing manajemen sampai pada kegiatan seperti seleksi,penempatan,pelatihan,pengembangan dean kompensasi, sebagai bagian dari bantuan unit pada unit personalia organisasi dalam pengembangan sumberdaya manusia.
4.Pengarahan : fungsi manajemen yang berkaitan dengan kegiatan melakukan pengarahan - pengarahan,tugas - tugas dan instruksi
5.Pengawasan : kegiatan manajemen yang berkaitan dengan pemeriksaan untuk menentukan apakah pelaksanaannya sudah dikerjakan sesuai dengan perencanaan,sudah sampai sejauh mana kemajuan yang dicapai,dan perencanaan yang belum mencapai kemajuan, serta melakukan koreksi bagi pelaksanaan yang belum terselesaikan sesuai rencana
 
Kegiatan manajemen
dihubungkan dengan tingkatannya di dalam organisasi. Kegiatan manajemen tingkat atas, mengangah dan bawah adalah berbeda. Kegiatan - Kegiatan manajemen mempengaruhi pengolahan informasi, karena informasi yang dibutuhkan berbeda untuk masing - masing tingkatan.Kebutuhan informasi yang berbeda ini dapat diketahui dari masing - masing kegiatan manajemen tersebut.Kegiatan - kegiatan manajemen untuk masing - masing tingkatan dapat dikategorikan sebagai berikut:
1. Perencanaan strategi (Strategic planning) merupakan kegiatan - kegiatan manajemen tingkat atas
2.Pengendalian manajemen (management control) merupakan kegiatan - kegiatan manajemen tingkat menengah
3.Pengendalian operasi (operational control) merupakan kegiatan - kegiatan majemen tingkat bawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar